Berenang di Kolam renang Senayan/ GBK

Posted: January 29, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

Hari ini, tepatnya setelah satu tahun dan hampir empat bulan saya tinggal di jakarta akhirnya saya bisa juga melakukan salah satu kegiatan favorit saya (yang tidak terlalu mahir juga saya lakukan :P ).
‘Berenang’ ya itulah salah satu hobi saya yang sudah lama tidak saya lakukan.
Saya sebenarnya cukup sering juga pergi ke daerah komplek olahraga GBK namun biasanya hanya untuk jogging, kadang-kadang untuk bermain dengan palang pull up dan palang tangga mendatar (benar ya namanya itu?!), lebih jarang lagi untuk bermain tennis sendirian (lhoo..).
Sudah sering pula saya berkeinginan untuk berenang disana namun karena kurangnya informasi mengenai tempat tersebut saya jadi urung  pergi kesana.
Pernah juga sekali saya kesana namun tempat itu sedang ditutup karena ada event olahraga apa gitu, yahh pulang lagi deh (>_<)

Untuk menuju ke kolam renang, bisa dengan menggunakan busway dan turun di halte polda.
Dari sana jalan sedikit untuk ke gerbang GBK yang dekat Hotel Sultan, dari gerbang lalu jalan terus sedikit, belok kiri agak banyak, lalu belok kanan dan berjalan lebih banyak lagi ;) .
Dalam perjalanan saya melewati daerah istora, melewati tempat penjualan tiket sepakbola yang salah satu boxnya pernah dibakar orang pada pertandingan Asean Games beberapa waktu lalu,
Hingga beberapa ratus meter kemudian baru akan sampai di gerbang kolam renang GBK.
Dari gerbang kolam renang, saya masih harus berjalan kekanan untuk memutari gedung karena pintu masuk dan tempat pembelian tiket berada dibelakang gedung.
Perjalanan yang dilakukan memang cukup panjang namun tidak masalah karena hitung-hitung untuk pemanasan.
Dan apabila anda tidak ingin berjalan jauh, meski anda tidak membawa kendaraan pribadi, anda bisa memakai ojek yang ada setelah gerbang masuk GBK.
Untuk harga silahkan anda tanya ke tukang ojeknya karena saya tidak pernah pakai juga.

Sampai dibelakang gedung, disana ada tempat parkir untuk motor dan mobil bila anda membawa keñdaraan sendiri.
Saya kemudian memasuki kolam renang dari dua pintu kaca warna hitam yang berada di tengah gedung.
Setelah masuk, didepan akan ada penjual tiket masuk.

Harga tiket Rp 15.000 untuk hari minggu/ sabtu/ libur
Buka dari jam 08.00 pagi hingga ‘saya lupa jam berapa’ :P .

Untuk harga dihari kerja saya tidak tahu, benar-benar tidak tahu :-)
Tapi seharusnya lebih murah daripada harga saat weekend.

Setelah membeli tiket saya lalu jalan kesebelah kiri (karena disana ada anak panah dengan tulisan gents) dan untuk perempuan bisa masuk dengan jalan ke arah kanan.
Saya masuk lagi kemudian melewati area ganti baju, berbilas, serta toilet.
Kemudian saya langsung kekanan lagi (disana tidak ada petunjuk arah kolam renang jadi pada awalnya sempat bingung) dan menemukan bukaan besar yang menampakkan kolam renang yang besar.

Kagum juga saya melihat kolam renang yang berukuran besar seperti itu, karena dikota asal saya dulu GOR renangnya kecil-kecil saja.
Namun, yang lebih membuat saya heran adalah adanya tulisan ‘bukan untuk umum’ dipinggir-pinggir kolam renang.
Lah terus renangnya dimana donk.
Yang dikolam sana memang tampaknya dipakai oleh atlet-atlet atau diver.
Nah lho..
Setelah liat kekanan kekiri ternyata kolam renang untuk umum ada disebelah kanan dari saya masuk ke area kolam renang tadi.
Jelas saja tidak kelihatan karena dibatasi tembok, dan jalan masuknya hanya pintu kecil saja.
Dan lagi-lagi karena tidak ada petunjuk arah kolam renang untuk umum.

Kolam renang untuk umum ukurannya lebih kecil daripada yang disebelahnya, namun setelah nyemplung kedalamnya ternyata cukup besar juga.
Bahkan untuk kondisi hari minggu pagi pun kolam renang masih terasa lega karena memang pengunjungnya tidak terlalu banyak.
Kolam renang terdiri dari dua bagian dipinggir yang kedalamannya hanya 1 meter untuk yang mungkin masih belum benar-benar mahir berenang, dan dibagian tengah dalamnya 2 meter.
Saya, otomatis lebih banyak menghabiskan waktu di tempat yang dangkal, tempat yang dalam cuma sebentar-sebentar saja untuk belajar mengambang ;p
Menurut saya kondisi kolam renangnya sangat baik, ukuran luas, dan airnya tidak jernih serta tidak berbau.

Wah sepertinya sudah cukup cerita saya untuk acara renang hari ini.
Maaf tidak ada photo karena saya tidak bawa hp hari ini.

Bila anda ingin pergi berenang ketempat ini, ada beberapa tips yang bisa saya berikan:

1. Usahakan membawa kacamata renang. Bila tidak, penglihatan anda akan berkabut setelah beberapa lama berenang, dan mata anda akan iritasi dan menjadi sangat merah.
2. Tidak ada tempat penitipan. Tapi anda masih bisa menaruh barang-barang anda di pinggir-pinggir kolam renang. Dan selalu awasilah tentunya :)
3. Jangan lupa bawa handuk dan alat mandi lengkap lainnya (-_-)

Baiklah, selamat berenang (^_^)

Comments
  1. nate says:

    kolam untuk umum cuma ada satu yah?
    pengen belajar lagi euy.. hehe

Leave a Reply

